Jumat, 30 November 2012

TIPS penting PENCEGAH dan GEJALA Hepatitis A


Lima tips tersebut adalah pertama, menjaga kebersihan dengan cuci tangan sebelum masak dan setelah keluar toilet, cuci alat-alat masak dan alat makan, dapur harus bersih, tidak ada binatang, serangga dll.

Kedua, pisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur dan alat makan yang berbeda serta simpan di tempat berbeda.

Ketiga, masak makanan hingga matang. Masak sampai matang, terutama daging, ayam, telur, seafood, rebus sup hingga 70 derajat Celcius. Untuk daging dan ayam, pastikan tidak masih berwarna pink serta panaskan makanan yang sudah matang dengan benar.

Keempat, simpan makanan di suhu aman. Jangan simpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama, masukan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan, sebelum dihidangkan, panaskan sampai lebih dari 60 derajat celcius, serta jangan simpan terlalu lama di lemari es

Kelima, gunakan air yang bersih dan bahan makanan yang baik. Pilih bahan makanan yang segar, air yang bersih, proses memasak yang baik, cuci buah dan sayur dengan baik, serta tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kadaluarsa

#perbanyak minum air putih ketika begadang atau tidur larut malam

Tanda-tanda penyakit hepatitis A

Setelah masa inkubasi akan masuk dalam fase penyerangan. Pada fase ini akan terjadi gangguan kesehatan pada pengidapnya. Dimulai dari demam tinggi dan muntah-muntah secara terus menerus. Selera makan orang yang terserang hepatitis akan menurun bahkan hilang sehingga badannya lemas tak bertenaga. Ada yang terasa mengganjal di ulu hati dikarenakan lever mengalami pembengkakan dan peradangan. Perubahan yang tampak di mata kita adalah perubahan warna kulit pengidap hepatitis A. Warna kulitnya akan berubah menjadi kuning pucat, bahkan orang yang berkulit gelap sekalipun akan terlihat. Air kencing juga menjadi keruh pekat seperti air teh. Pengidap hepatitis A sangat sensitif terhadap bau menyengat dan akan mual jika menciumnya.

Penyembuhan penyakit hepatitis A

Penyakit hepatitis A dalah penyakit yang cukup mudah disembuhkan jika ditangani secara cepat dan tepat oleh petugas medis atau dokter. Pengobatan medis dilakukan dengan memberikan obat penyakit hepatitis A yang sudah ditemukan. Pengidap hepatitis A diharuskan dirawat di rumah sakit untuk membersihkan penyakitnya dan memulihkan fungsi hati supaya bisa bekerja normal kembali. Jika dirawat dirumah, dikhawatirkan akan semakin parah karena kebersihan dan gizi penderita tidak terjaga dengan baik. Disamping itu juga untuk menghindari penularan kepada anggota keluarga yang lain.

0 komentar: